Komputer Grafik : Chapter 01 - Perkembangan Komputer Grafik


 Perkembangan Komputer Grafik



 

Sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer


Sejarah Grafika Komputer itu sendiri sudah dimulai sejak zaman dahulu yaitu sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik.Seperti Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik. Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu:


Fase Pertama, tahun 50an

Merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.


Fase Kedua, dekade 60an

Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.


Fase Ketiga pada dekade 70an

Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.


Fase keempat, dekade 80an

Pada masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.

Perkembangan grafik komputer menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya perkembangan grafik komputer, antara lain:

·        Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)

·         Peta (Cartography)

·         Kesehatan

·         Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)

·         Sistem Multimedia

·         Presentasi Grafik

·         Presentasi Saintifik

·         Pemrosesan Citra

·         Simulasi



Format Gambar Dalam Grafik Komputer

Hal mendasar dari sebuah grafik komputer adalah gambar. Ketika berbicara mengenai gambar dan grafik komputer, pasti akan bersangkutan dengan bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan. Terdapat format-format gambar dengan kualitas dan ciri-ciri yang berbeda.


Gambar Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi. Contoh format gambar vektor adalah SVG.


Gambar Bitmap

Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Contoh format gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIF, JPEG, BMP dan PNG.


Dampak Perkembangan Grafik Komputer Terhadap Manusia

Dalam kehidupan manusia Grafika Komputer mempunyai dampak baik dari segi positif maupun negatif. dampak positif dan negatif dari adanya perkembangan Grafik Komputer terhadap manusia:

Terdapat juga hiburan secara visual yang bervariatif, seperti film, foto, dll.Membantu banyak pekerjaan manusia secara visual, misalnya dalam desain arsitektur sebuah rumah, pentunjuk jalan seperti peta, dll.

Perkembangan Grafik Komputer yang terkadang disalah gunakan oleh manusia. Sebagian orang yang selalu bergantung dengan adanya Grafik Komputer. Untuk pembuatan dan penggunaan Grafik Komputer bisa terbilang memerlukan biaya yang cukup mahal. Mempermudah untuk melakukan penjelasan terhadap sebuah konsep atau produk dalam bentuk visual, seperti presentasi menggunakan PowerPoint, mempromosikan sebuah produk dalam bentuk brosur, dll.


Pengertian Grafik Komputer dan Pengaplikasian Komputer Grafis 

Grafik computer atau computer grafis adalah bagian dari ilmu computer yang memiliki kaitan dengan memanipulasi gambar. Computer grafis bisa disebut juga dengan proses penyimpanan atau manipulasi dari suatu model, gambar, grafik, diagram, atau artistik menggunakan komputer (digital) dengan bantuan software. Secara singkatnya computer grafis adalah suatu kaitan dengan manipulasi gambar(visual) secara digital. Awal ditemukannya istilah grafis computer oleh William Fetter pada tahun 1960. Computer grafis memiliki dua jenis, yaitu computer grafis 2D dan 3D, perbedaannya terdapat pada bentuk dan modelnya, jika 2D itu adalah bentuk sederhana dari computer grafis, sedangkan 3D adalah hasil dikembangkannya 2D yang akan membuat gambar lebih nyata terlihat.

 

Saat ini komputer grafis sudah banyak digunakan di berbagai bidang, berikut ini beberapa contoh bidang yang menggunakan komputer grafis atau grafis komputer.

 1. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan komputer grafis, dimanfaatkan atau di aplikasikan pada file PowerPoint. PowerPoint digunakan untuk membuat file presentasi, biasanya para siswa dan mahasiswa jika ditugaskan oleh guru atau dosen mereka untuk mencari dan membuat materi dan di presentasikan di depan kelas maka mereka mengunakan PowerPoint untuk mempresentasikan tugas mereka. Tampilan atau UI yang ada pada PowerPoint menarik dari perkembangan-perkembangan versi sebelumnya. powerpoint juga memiliki effect, animation yang banyak dan akan mampu menarik audien untuk mendengarkan presentasi kita tanpa merasakan jenuh, dan dengan powerpoint mereka juga dapat membuat kreasi effect yang lebih berwarna dan semenarik mungkin.

 



2. Bidang Perancangan

Pada bidang perancangan, komputer grafis sangat penting disegala aspek dalam perancangan sesuatu, karena dibidang ini sangat dibutuhkan gambar, baik gambaran awal dan gambaran akhir dalam merancang. Contohnya saja Arsitektur rumah, dalam merancang arsitektur dari sebuah rumah seorang arsitek akan membuat rancangan awal atau design awal dari sebuah rumah dan akan dikembangkan olehnya menjadi design akhir untuk sebuaah rumah. Tidak hanya untuk design rumah saja, tetapi juga untuk design dari kendaraan dan design dari sebuah stadium sepak bola. Dalam bidang perancangan untuk merancang suatu rancangan atau model bisa menggunakan software Auto Cad atau 3D Max dan masih banyak lagi software yang bisa digunakan untuk merancang, dengan menggunakan software dalam merancang suatu rancangan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam mendesign, dan juga membuat output design sama seperti hasilnya.


3. Bidang Hiburan

Saat ini di bidang hiburan banyak sekali yang menggunakan grafis komputer, contohnya saja di dalam dunia gaming dan perfilman, saat ini banyak sekali film animasi yang semakin berkembang hampir seperti nyata begitu juga game, game terdiri dari 2 jenis dimensi yang di gunakan, ada 2D dan 3D. Dalam pembuatan film animasi grafis komputer digunakan untuk membuat visual effect, karakter dan animasi-animasi yang menarik, sama pula untuk pembuatan game, komputer grafis digunakan untuk membuat karakter dari game tersebut. Software yang digunakan untuk membuat animasi biasanya digunakan Macromedia flash.




Pengertian dan Pengaplikasian Pengolahan Citra

Pada dasarnya citra adalah Image(dalam bahasa inggris) yaitu gambar dwimatra atau 2 dimensi. Sedangkan pengolahan citra adalah pemrosesan suatu citra dengan menggunakan bantuan komputer baik dengan cara di perbaiki ataupun dimodifikasi dengan tujuan agar citra tersebut meningkat kualitasnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Berikut ini beberapa contoh bidang yang menggunakan pengolahan citra.

1. Bidang Kesehatan

Dalam bidang ini banyak sekali pemanfaatan pengolahan citra yaitu salah satunya penggunaan sinar X (foto Rontgen) sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit dalam tubuh yang tidak bisa dilihat dan didiagnosa hanya dengan kasat mata.



2. Bidang visual

Pada bidang visual bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain




 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar