Perkembangan Komputer Grafik
Sejarah dan
Perkembangan Grafika Komputer
Sejarah Grafika Komputer itu sendiri sudah dimulai sejak zaman
dahulu yaitu sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi
dengan grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat
dikatakan sebagai lukisan teknik.Seperti Leonardo da Vinci sudah menghasilkan
lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik. Perkembangan Grafika
Komputer dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu:
Fase Pertama, tahun 50an
Merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya
perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi
dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer
whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik
pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang
menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama
alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif
mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.
Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif.
Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland
dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik
interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya
model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar
akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain
produk secara cepat dan mudah.
Fase keempat, dekade 80an
Pada masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang
berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini
bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan
pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.
Perkembangan grafik komputer menjadi hal yang sangat menunjang
kehidupan manusia saat ini, banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau
terbantu dengan adanya perkembangan grafik komputer, antara lain:
· Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)
· Peta (Cartography)
· Kesehatan
· Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)
· Sistem Multimedia
· Presentasi Grafik
· Presentasi Saintifik
· Pemrosesan Citra
· Simulasi
Format Gambar Dalam
Grafik Komputer
Hal mendasar dari sebuah grafik komputer adalah gambar. Ketika
berbicara mengenai gambar dan grafik komputer, pasti akan bersangkutan dengan
bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan. Terdapat format-format gambar dengan
kualitas dan ciri-ciri yang berbeda.
Gambar Vektor
Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk
membuat gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan
control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti
berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap
alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk,
kurva, warna garis, dan warna isi. Contoh format gambar vektor adalah SVG.
Gambar Bitmap
Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan
piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya.
Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel
dan dalam angka bit per piksel. Contoh format gambar bitmap yang sering
dijumpai adalah GIF, JPEG, BMP dan PNG.
Dampak Perkembangan
Grafik Komputer Terhadap Manusia
Dalam kehidupan manusia Grafika Komputer mempunyai dampak baik
dari segi positif maupun negatif. dampak positif dan negatif dari adanya
perkembangan Grafik Komputer terhadap manusia:
Terdapat juga hiburan secara visual yang bervariatif, seperti
film, foto, dll.Membantu banyak pekerjaan manusia secara visual, misalnya dalam
desain arsitektur sebuah rumah, pentunjuk jalan seperti peta, dll.
Perkembangan Grafik Komputer yang terkadang disalah gunakan oleh
manusia. Sebagian orang yang selalu bergantung dengan adanya Grafik Komputer. Untuk
pembuatan dan penggunaan Grafik Komputer bisa terbilang memerlukan biaya yang
cukup mahal. Mempermudah untuk melakukan penjelasan terhadap sebuah konsep atau
produk dalam bentuk visual, seperti presentasi menggunakan PowerPoint,
mempromosikan sebuah produk dalam bentuk brosur, dll.
Pengertian
Grafik Komputer dan Pengaplikasian Komputer
Grafis
Grafik computer atau computer grafis adalah bagian dari ilmu computer yang memiliki kaitan dengan memanipulasi gambar. Computer grafis bisa disebut juga dengan proses penyimpanan atau manipulasi dari suatu model, gambar, grafik, diagram, atau artistik menggunakan komputer (digital) dengan bantuan software. Secara singkatnya computer grafis adalah suatu kaitan dengan manipulasi gambar(visual) secara digital. Awal ditemukannya istilah grafis computer oleh William Fetter pada tahun 1960. Computer grafis memiliki dua jenis, yaitu computer grafis 2D dan 3D, perbedaannya terdapat pada bentuk dan modelnya, jika 2D itu adalah bentuk sederhana dari computer grafis, sedangkan 3D adalah hasil dikembangkannya 2D yang akan membuat gambar lebih nyata terlihat.
Saat ini komputer grafis sudah banyak digunakan di berbagai bidang, berikut ini beberapa contoh bidang yang menggunakan komputer grafis atau grafis komputer.
Dalam bidang pendidikan komputer grafis, dimanfaatkan atau di aplikasikan pada file PowerPoint. PowerPoint digunakan untuk membuat file presentasi, biasanya para siswa dan mahasiswa jika ditugaskan oleh guru atau dosen mereka untuk mencari dan membuat materi dan di presentasikan di depan kelas maka mereka mengunakan PowerPoint untuk mempresentasikan tugas mereka. Tampilan atau UI yang ada pada PowerPoint menarik dari perkembangan-perkembangan versi sebelumnya. powerpoint juga memiliki effect, animation yang banyak dan akan mampu menarik audien untuk mendengarkan presentasi kita tanpa merasakan jenuh, dan dengan powerpoint mereka juga dapat membuat kreasi effect yang lebih berwarna dan semenarik mungkin.
2. Bidang Perancangan
Pada bidang perancangan, komputer grafis sangat penting disegala aspek dalam perancangan sesuatu, karena dibidang ini sangat dibutuhkan gambar, baik gambaran awal dan gambaran akhir dalam merancang. Contohnya saja Arsitektur rumah, dalam merancang arsitektur dari sebuah rumah seorang arsitek akan membuat rancangan awal atau design awal dari sebuah rumah dan akan dikembangkan olehnya menjadi design akhir untuk sebuaah rumah. Tidak hanya untuk design rumah saja, tetapi juga untuk design dari kendaraan dan design dari sebuah stadium sepak bola. Dalam bidang perancangan untuk merancang suatu rancangan atau model bisa menggunakan software Auto Cad atau 3D Max dan masih banyak lagi software yang bisa digunakan untuk merancang, dengan menggunakan software dalam merancang suatu rancangan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam mendesign, dan juga membuat output design sama seperti hasilnya.
3. Bidang Hiburan
Saat ini di bidang hiburan banyak sekali yang menggunakan grafis komputer,
contohnya saja di dalam dunia gaming dan perfilman, saat ini banyak sekali film
animasi yang semakin berkembang hampir seperti nyata begitu juga game, game
terdiri dari 2 jenis dimensi yang di gunakan, ada 2D dan 3D. Dalam pembuatan
film animasi grafis komputer digunakan untuk membuat visual effect, karakter
dan animasi-animasi yang menarik, sama pula untuk pembuatan game, komputer
grafis digunakan untuk membuat karakter dari game tersebut. Software yang
digunakan untuk membuat animasi biasanya digunakan Macromedia flash.
Pengertian dan Pengaplikasian Pengolahan Citra
Pada dasarnya citra adalah Image(dalam bahasa inggris) yaitu gambar dwimatra atau 2 dimensi. Sedangkan pengolahan citra adalah pemrosesan suatu citra dengan menggunakan bantuan komputer baik dengan cara di perbaiki ataupun dimodifikasi dengan tujuan agar citra tersebut meningkat kualitasnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Berikut ini beberapa contoh bidang yang
menggunakan pengolahan citra.
1. Bidang Kesehatan
Dalam bidang ini banyak sekali pemanfaatan pengolahan citra yaitu salah satunya penggunaan sinar X (foto Rontgen) sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit dalam tubuh yang tidak bisa dilihat dan didiagnosa hanya dengan kasat mata.
Pada bidang visual bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar