Perkembangan Komputer Grafis
A. Pengertian Grafik Komputer
Grafik Komputer adalah
merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan manipulasi
gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari Grafika Komputer ada yang
berupa Grafika 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra (image
processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer biasa dikenal
juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari Komputer Grafik:
Geometri, mempelajari
cara menggambarkan permukaan bidang
Animasi, mempelajari
cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
Rendering, mempelajari
algoritma untuk menampilkan efek cahaya
Citra (Imaging),
mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
B. Sejarah dan
Perkembangan Grafika Komputer
Sejarah Grafika
Komputer itu sendiri sudah dimulai sejak zaman dahulu yaitu sejak jaman ketika
banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik. Beberapa lukisan
yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan
teknik.Seperti Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D
dengan pandangan isometrik. Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi
empat fase, yaitu:
Fase Pertama, tahun
50an
Merupakan era grafika
komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif
tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun
50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer
ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan.
Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain
itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat.
Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.
Fase Kedua, dekade
60an
Merupakan zaman
penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika
interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem
penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan
sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi
dengan menampilkan simulasi efek fisik.
Fase Ketiga pada
dekade 70an
Saat ini sektor
industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer
interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
Fase keempat, dekade
80an
Pada masa ini grafika
komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan
algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan
pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal
ini berguna untuk industri masa depan.
Perkembangan grafik
komputer menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak
sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya perkembangan
grafik komputer, antara lain:
- Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)
- Sistem Multimedia
- Presentasi Grafik
- Presentasi Saintifik
- Pemrosesan Citra
- Simulasi
C. Format Gambar Dalam
Grafik Komputer
Hal mendasar dari
sebuah grafik komputer adalah gambar. Ketika berbicara mengenai gambar dan
grafik komputer, pasti akan bersangkutan dengan bagaimana kualitas gambar yang
dihasilkan. Terdapat format-format gambar dengan kualitas dan ciri-ciri yang
berbeda.
D. Gambar Vektor
Gambar vektor adalah
gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis.
Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi
ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan
menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut,
termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi. Contoh
format gambar vektor adalah SVG.
E. Gambar Bitmap
Gambar bitmap adalah
sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada
layar monitor, kertas atau media lainnya. Secara teknis gambar bitmap
digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per
piksel. Contoh format gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIF, JPEG, BMP
dan PNG.
F. Dampak Perkembangan
Grafik Komputer Terhadap Manusia
Dalam kehidupan
manusia Grafika Komputer mempunyai dampak baik dari segi positif maupun
negatif. dampak positif dan negatif dari adanya perkembangan Grafik Komputer
terhadap manusia:
Mempermudah untuk
melakukan penjelasan terhadap sebuah konsep atau produk dalam bentuk visual,
seperti presentasi menggunakan PowerPoint, mempromosikan sebuah produk dalam
bentuk brosur, dll.
Terdapat juga hiburan
secara visual yang bervariatif, seperti film, foto, dll.
Membantu banyak
pekerjaan manusia secara visual, misalnya dalam desain arsitektur sebuah rumah,
pentunjuk jalan seperti peta, dll.
Perkembangan Grafik
Komputer yang terkadang disalah gunakan oleh manusia.
Sebagian orang yang
selalu bergantung dengan adanya Grafik Komputer.
Untuk pembuatan dan
penggunaan Grafik Komputer bisa terbilang memerlukan biaya yang cukup mahal.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar